apology iblis

Suatu saat Musa mencoba 'meminta maaf'kan kesalahan yang telah dilakukan Iblis kepada Tuhan dahulu kala, saat akhirnya Ia diusir dari surga karena tidak mau bersujud kapada Adam. Dari kesalahan itu lah menyebabkan semua keturunaannya pun dilaknat bakalan abadi menjadi penghuni neraka. Padahal kalau boleh sedikit nakal, Iblis itu tidak mau bersujud kepada Adam dengan alasan apa coba..? ada yang tau tidak..? Iblis itu sebenarnya dia pintar, dia tau bahwasanya tidak ada yang patut disembah kecuali Tuhan. Maka dia tidak mau bersujud kepada Adam karena yang patut di'sujudi' itu adalah hanya Tuhan. Ya hanya Tuhan yang patut disembah bukannya Adam.

Maka Musa pun bilang pada Tuhan, "ah, Tuhan apakah Kau tidak merasa kasihan kepada Iblis jelek itu?, mbo ya dikasih maaf biar dia bisa sama-sama menjadi penghuni surga (kaya' saya), kasihan kan kalau lama-lama atau bahkan abadi dineraka?"

Tuhan: "Biar Dia ngomong sendiri sama Aku, kalau memang benar-benar mau minta maaf"

Mendengar jawaban Tuhan, Musa pun terdorong untuk segera menyampaikannya pada Iblis.
Iblis: "Ga mau, sudi men, bilang sama Tuhan, harusnya Dia yang minta maaf padaku"

Disampaikan juga sama Musa apa yang dikatan Iblis tadi.
Tuhan: "Aku juga ga mau, mending gini saja Musa, Aku kan Maha adil, bilang sama Iblis kalau memang benar mau minta maaf kepadaKu, pasti Aku maafkan, sekarang saja langsung suruh si Iblis itu sujud dikuburannya Adam"

Iblis: "Enak saja Tuhan itu, pokoknya aku ga mau sujud sama Adam jelek itu, itu sama saja menyembahnya, yang patut disembah kan hanya Tuhan"

Ternyata tidak ada titik temunya kalau membicarakan Tuhan dengan Iblis, batin Musa
Tak lama berselang Iblis pun bilang: "Sudahlah Musa, jangan lagi kau pikirkan urusan-urusanku dengan Tuhan, pikirkan saja urusan-urusanmu sendiri, itu masih ada anak buahku (Fir'aun red.) yang masih belum terbuka hatinya, coba saja ajak dia ke 'jalan yang lurus' itu (kalau bisa)
Iblis masih melanjutkan kata-katanya, "Tapi terimakasih juga karena kau telah peduli padaku, ada satu hal yang ingin aku katakan kepadamu, anggap saja ini sabagai tanda terimakasihku"
Kata-katanya mulai lirih, "Musa, kalau kau ingin mencariku, aku selalu ada di 3 tempat terindah di dunia ini, yaitu:
  1. Lihat saat ada orang yang marah-marah, pasti ada aku disitu
  2. Lihat saat ada orang mabuk, aku bersemayam dimata mereka
  3. Dan lihat saat ada dua orang berlainan jenis sedang berdua-duaan, pasti aku akan selalu menjadi orang ketiga diantara mereka
Iblis lalu pergi, dan Musa pun sejenak berpikir, "Benar juga Iblis itu"

Rusunawa, oktober 2009

0 footprint:

ku tak tau apa isi hatimu, so bicaralah...