kuncinya satu

"Baru kutahu ada orang yang ditampik hampir sepuluh tahun tapi tetap kukuh berjuang. Arai tak pernah tertarik pada perempuan lain. Zakiah adalah resolusi dan seluruh definisinya tentang cinta. Ia telah menulis puluhan puisi untuk belahan hatinya itu, telah menyanyikan lagu dibawah jendela kamarnya, berhujan-hujan mengejarnya, dan bersepeda puluhan kilometer hanya untuk menemuinya lima menit. Zakiah tetap tak acuh. Mungkin Arai telah diserang sakit gila nomor dua puluh enam: tak bisa membedakan diterima dan ditolak"

Malu saya kalau membaca apa yang ditulis Andrea Hirata tentang pribadi Arai diatas, sangat teguh memegang prinsip cintanya, selama sepuluh tahun tak pernah mencoba melirik wanita lain sekalipun Ia tak tahu diterima atau ditolak oleh Zakiah Nurmala. Cinta bertepuk sebelah tangan, tapi keduanya tetap Indifferent, Arai tak pernah putus asa dan Nurmala tetap acuh tak acuh.

Kalau saya pasti sudah saya tinggalkan si Nurmala itu sejak dari awal, toh buat apa selalu mempertahankan sesuatu yang tidak pantas untuk dipertahankan, rasanya hanya akan menambah sakit hati saja. Tapi memang kadang aneh, kata (banyak) orang hal tersebut sangat sulit dilakukan, tak semudah membalik telapak tangan, "setiap kali kucoba menepis wajahmu dari ingatanku, serasa semakin dekat kurasakan hadirmu didekatku, tak bisakah kau pergi sejenak dariku..?".

Rintihan orang-orang yang kesulitan melupakan sesuatu yang pernah ada dihatinya..
Sebenarnya kuncinya ada pada diri kita.. Mau atau Tidak..

7 komentar:

  1. Walah. , .curhat pengalaman pribadi ki critane. . . Xixixix

    BalasHapus
  2. ah.. bukan.. itu semacam nasehat buat yang merasa sulit melupakan masa lalu.. he..

    BalasHapus
  3. mas putunnnnnm,,,,,wopo,,,aku urung mboco, jd ga iso komentar,,,

    BalasHapus
  4. Yup. . .b'art kan te2p pengalaman pribadi. . .yg te2p ku2h menantiX hehehe. . .ups. . .

    BalasHapus
  5. ya.. itu karena dia masih menantiku.. walaupun setengah hati.. 50;50 .. lak yo suwe2 mundak.. nek ra malah ilang sisan.. ups..

    BalasHapus
  6. dan sekarang,,,,,semua terjawab kan???? hue...

    BalasHapus
  7. hue juga...
    ini mungkin bagian dari skenario tuhan, toh masih sebesar kuku hitamnya saja, dan bagian tubuh yang lain masih belum tersingkap.. tinggal menunggu skenario apa lagi yang akan Dia perlihatkan..

    BalasHapus

ku tak tau apa isi hatimu, so bicaralah...