nasehat dan terminologi lawan-nya

Subtsansi yang sama, diterima oleh telinga yang sama, tetapi keluar dari mulut yang berbeda, ternyata bisa menghasilkan dua hal yang sangat berlawanan, 'nasehat dan penghinaan'.. adakah yang bisa memberitahu saya perbedaan mulut satu dan mulut yang lainnya..?

Subtsansi yang sama, diterima oleh telinga yang sama, tetapi keluar dari mulut yang berbeda, ternyata bisa menghasilkan dua hal yang sangat berlawanan, 'nasehat dan tuntutan untuk berbuat ini dan itu'.. adakah yang bisa memberitahu saya perbedaan mulut satu dan mulut yang lainnya..?

Subtsansi yang sama, diterima oleh telinga yang sama, tetapi keluar dari mulut yang berbeda, ternyata bisa menghasilkan dua hal yang sangat berlawanan, 'nasehat dan pengekangan untuk tidak berbuat begini dan begitu'.. adakah yang bisa memberitahu saya perbedaan mulut satu dan mulut yang lainnya..?

Subtsansi yang sama, diterima oleh telinga yang sama, tetapi keluar dari mulut yang berbeda, ternyata bisa menghasilkan dua hal yang sangat berlawanan, 'nasehat dan entah apa itu namanya, seperti nasehat tapi tidak diterima sebagai nasehat'.. adakah yang bisa memberitahu saya perbedaan mulut satu dan mulut yang lainnya..?

Bisa jadi mulut yang pertama mengandung madu sementara yang lain beracun.. Bisa jadi mulut yang pertama lihai berbicara sementara yang lain gagap.. Bisa jadi mulut yang pertama memang menasehati sementara yang lainnya menghina.. Bisa jadi telinga-nya memang lebih [merasa] 'dekat' dengan mulut satu dari pada yang lainnnya.. Bisa jadi memang hati-nya berkata demikian..

3 komentar:

  1. mesti pas nulis iki keadaane lagi mempuyengkan....hihihih

    BalasHapus
  2. segala sesuatu keluar bukan dari ruang dan waktu yang kosong.. hhee

    BalasHapus
  3. setuju an,,, kadang suasana hati mempengaruhi indra pendengar menangkap gelombang suara...


    nasehat atau hinaan?
    nasehat atau cacian?

    BalasHapus

ku tak tau apa isi hatimu, so bicaralah...